Review MIUI 6 di Xiaomi Redmi 1

Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, setelah beberapa kali mengalami penundaan Xiaomi akhirnya merilis MIUI 6 untuk Xiaomi Redmi 1 (HM 1W) secara resmi kemarin tepatnya tanggal 3 April 2015.
Tentunya ini adalah kabar gembira untuk anda yang sudah menunggu lama untuk mencicipi custom firmware besutan Xiaomi ini. Dan pada kesempatan kali ini saya akan mereview MIUI 6 untuk Xiaomi Redmi 1 sehingga anda bisa mendapat gambaran bagaimana MIUI 6 di Xiaomi Redmi 1.

Catatan :
- ini merupakan China ROM, bukan Global ROM sehingga jika Redmi 1 anda sebelumnya menggunakan ROM selain China ROM mungkin anda belum mendapatkan pemberitahuan update ini.
Versi MIUI : 5.4.3




Download :
Untuk mendownload ROM ini klik disini
Di tab Redmi 1 China, lihat Developer ROM, kemudian klik Download Full ROM untuk mendownload, untuk panduan menginstal anda bisa mengklik Flashing Guide

Jika ada kesulitan dalam menginstal ROM ini silahkan berkomentar dan akan saya usahakan menjawab secepatnya :)

Berbasis Android 4.4.2 KitKat



Meskipun versi Android terbaru saat ini adalah Lollipop, Xiaomi merilis MIUI 6 berbasis Android 4.4.2 untuk Redmi 1. Sebagai informasi, Android 4.4.2 dirilis pertama kali pada 9 Desember 2013 (Wikipedia), jika dilihat memang sudah cukup berumur namun tetap saja update ini dapat menjadi pelipur lara bagi penggunanya yang sudah menunggu cukup lama, lebih baik dari tidak ada kan?

KitKat sendiri membawa cukup banyak perubahan yang signifikan untuk Android. Melalui Project Svelte, Google mengoptimalkan versi ini untuk berjalan di berbagai perangkat terutama untuk perangkat dengan kapasitas RAM yang kecil (minimal 512 MB).


Transformasi tampilan dan fitur



Jika sebelumnya di MIUI 5 kita disuguhi dengan user interface atau tampilan yang didesain lebih realistis, di MIUI 6 Xiaomi tak mau ketinggalan dengan tren desain yang akhir-akhir ini lebih menonjolkan sisi simpel dan minimalis, ikon-ikon aplikasi yang lebih flat, efek-efek yang lebih manis dan tampilan yang lebih clean menjadi jualan utama MIUI 6. Tren tampilan ini bermula dari Apple yang merombak besar-besaran tampilan iOS beberapa waktu silam. Banyak yang berpendapat bahwa MIUI meniru tampilan iOS dan saya tidak bisa membantah karena saya merasakan hal yang sama (rasanya tidak perlu membahas ini lebih lanjut :D )


Berbeda dengan di MIUI 5, lockscreen tampil simpel dengan hanya menampilkan jam dan tanggal di ujung kiri atas. Untuk membuka kunci layar anda harus menyapu layar keatas, fitur yang baru disini adalah anda bisa mengakses kamera dari lockscreen dengan menyapu layar ke kiri. Di lockscreen ini juga anda bisa langsung melihat notifikasi SMS, panggilan tak terjawab dan notifikasi lainnya (fitur ini sudah ada sejak MIUI 5). Tidak ada fitur Widget di lockscreen seperti yang anda lihat di perangkat Android KitKat lainnya.





Ikon-ikon aplikasi di MIUI 6, terutama aplikasi bawaan dari Xiaomi pada dasarnya adalah pembaharuan dari ikon-ikon aplikasi MIUI 5 yang dibuat lebih simpel dan flat dengan meninggalkan embel-embel efek di versi sebelumnya (seperti efek emboss di ikon-ikon MIUI 5).


Jendela notifikasi hadir dengan efek blur serta 2 panel yaitu panel notifikasi dengan tampilan jam dan tanggal yang lebih besar (di MIUI 5, jam berada di panel shortcut toggle) dan panel shortcut toggle ke fungsi WiFi, Bluetooth dll yang di atasnya ditambahkan shortcut pemutar musik dan di bagian bawah tengah ada shortcut ke pengaturan.

Untuk home screen masih mempertahankan fitur dan efek-efek transisi dari MIUI 5. Fitur baru (kalau tidak salah, bisa jadi sudah ada di MIUI 5) yang saya dapati disini adalah fungsi pencarian yang bisa diakses dengan cara menyapu layar keatas ketika di home screen, dari sini anda bisa mencari kontak, aplikasi, ataupun melakukan pencarian di internet. Fitur lainnya adalah ketika anda membuat folder MIUI secara otomatis mengkategorikan folder tersebut dengan memberi nama yang sesuai kategori aplikasi yang ada di folder seperti education, games dan lainnya. Jika anda memperhatikan, ada fitur yang dipangkas disini yaitu fitur untuk aplikasi musik dan note dimana ketika kita menyapu ikon aplikasi musik atau note akan muncul jendela yang mengambang diatas home screen untuk memutar lagu dan menulis catatan.


Tampilan recent apps masih sama seperti sebelumnya, hanya kali ini efek glass di MIUI 5 diganti dengan efek blur seperti di jendela notifikasi.




Notifikasi juga mendapat peningkatan disini, jika sebelumnya icon badge di kanan atas ikon aplikasi hanya muncul di aplikasi tertentu saja, kini ketika ada notifikasi akan muncul indikator nomor (yang menunjukkan jumlah notifikasi) di kanan atas ikon aplikasi dan ini berlaku untuk semua aplikasi. Selain itu, notifikasi yang masuk juga bisa kita atur agar menampilkan floating notification.

Pembaharuan yang menurut penulis juga cukup fresh adalah background ikon-ikon indikator baterai dan sinyal yang terletak bagian atas. Jika sebelumnya ikon-ikon ini berwarna putih dan berlatar warna hitam, kini ikon-ikon tersebut menyesuaikan warna dengan aplikasi yang sedang dibuka sehingga memberi kesan clean, lebih lapang dan cantik. Sayangnya ini hanya pada aplikasi-aplikasi bawaan Xiaomi seperti pengaturan, gallery, musik dan lainnya sehingga di aplikasi-aplikasi lain ikon-ikon ini tetap berlatar warna hitam. Tampilan seperti ini juga sudah lebih dulu diadopsi iOS dan beberapa produsen perangkat Android lainnya.

Sangat banyak perubahan pada tampilan MIUI 6, terutama pada animasi dan efek-efek transisi. Agar tulisan ini tidak terlalu panjang, saya akan merangkum pembaharuan-pembaharuan pada aplikasi-aplikasi bawaan Xiaomi ini sebagai berikut:

Kamera : tampilan pada aplikasi kamera kini lebih simpel, untuk mengganti ke mode kamera depan anda cukup menyapu layar ke atas atau bawah dan untuk mengakses opsi-opsi pengaturan kamera anda harus menyapu layar ke kanan, selebihnya tidak ada perubahan signifikan dari versi sebelumnya. Untuk hasil kamera mudah-mudahan bisa saya update secepatnya


Gallery : perubahan yang terasa disini adalah aplikasi lebih responsif dibanding versi sebelumnya, kini transisi antar foto lebih cepat dan smooth. Aplikasi editing foto yang disertakan di gallery juga diperbaharui dengan lebih banyak filter dan adjust mode


Pemutar Musik : Tampilannya lebih manis, ada dua panel di halaman depan aplikasi ini yaitu Discover dan My Music, panel Discover berisi featured artist yang dari baidu music yang kebanyakan adalah penyanyi atau band asal Tiongkok, dan panel My Music berisi semua file musik yang ada di handset anda


Jam : yang berubah disini adalah tampilan dan animasi yang lebih keren, selebihnya belum ada fitur baru yang saya temukan.



Recorder : Sama seperti aplikasi jam, Recorder juga hanya mengalami perombakan dari segi tampilan


Radio : Xiaomi menambahkan fitur streaming radio online disini, namun sepertinya stasiun yang ada hanya stasiun radio berbahasa Tiongkok. 


Kompas : Tampilan lebih minimalis dengan latar belakang berwarna hitam, ketika handset dipegang tegak (posisi berdiri) secara otomatis latar belakang akan berganti dengan gambar dari kamera


Security : Selain perubahan tampilan, tidak ada penambahan fitur baru disini.

Weather : Aplikasi ini tampil lebih cantik dan menyediakan informasi yang lebih banyak dari sebelumnya, seperti kelembaban udara, indeks UV, jarak pandang dan lainnya



Peningkatan Performa

Dengan mengusung Android KitKat, performa MIUI 6 di Redmi terasa lebih baik dari versi sebelumnya. Transisi antar halaman di home screen, membuka aplikasi, dan multitasking lebih responsif dan smooth dipermanis dengan efek transisi yang keren menambah pengalaman menyenangkan ketika menggunakan handset ini.

Namun menurut saya kekurangan dari MIUI (sejak MIUI 5) ada di multitasking, saya belum tau apakah ini hanya terjadi di Redmi karena keterbatasan memori RAM yang “hanya” 1 GB mengingat semakin hari aplikasi semakin boros menggunakan memori. Saat ini kita sudah memasuki era smartphone dengan kapasitas memori RAM 4 GB, tidak heran jika kapasitas RAM 1 GB mulai terasa “kekecilan.” Dan setelah saya bandingkan dengan perangkat Android lain dengan spesifikasi yang hampir sama, performa multitasking di Redmi terasa kurang greget. Tentu banyak faktor yang menyebabkan hal ini dan kita berharap agar kedepannya Xiaomi terus meningkatkan manajemen RAM di Redmi.

Tetapi overall, untuk performa saya merasakan peningkatan yang cukup signifikan dibanding versi sebelumnya. Saya juga sudah menyertakan benchmark Antutu setelah update ke MIUI 6 sebagai pertimbangan untuk anda yang ingin hijrah ke MIUI 6. FYI, benchmark Antutu saat MIUI 5 adalah 16827.



Bug

Ada satu bug yang benar-benar mengganggu di ROM ini, yaitu mic yang tidak berfungsi ketika melakukan panggilan (menelpon) sehingga orang yang kita telepon/menelpon kita tidak bisa mendengar suara kita. Bug ini telah dikonfirmasi oleh pengguna lainnya di forum MIUI hanya terjadi saat melakukan panggilan dan berfungsi dengan baik di aplikasi lain. Tentunya kita berharap para developer Xiaomi segera bisa mengatasi bug ini mengingat ini merupakan fungsi dasar dari telepon genggam/ smartphone.

Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan speaker ketika menelpon atau menggunakan earphone (dengan mic).

Bug lain yang saya temukan ialah tampilan saat masuk di menu USSD (biasanya saat melakukan cek pulsa), tulisan tidak bisa dilihat dengan jelas karena background yang transparan dan warna tulisan yang tidak kentara.


Test lainnya

Mungkin beberapa dari kita masih penasaran dengan beberapa fungsi lain seperti GPS dan hasil kamera. Mudah-mudahan kedepannya bisa saya update tentang fungsi ini, jika anda juga ingin request silahkan berkomentar dan saya usahakan untuk segera menjawab.

Kesimpulan



Meskipun masih ada bug seperti mic yang tidak berfungsi ketika menelpon dan terlihat kurang persiapan sebelum dirilis, peningkatan performa dan fitur serta tampilan yang lebih apik menjadi pertimbangan untuk pindah dari MIUI 5 ke MIUI 6. Namun perlu anda ketahui bahwa ini adalah China ROM dimana hanya menyediakan 2 bahasa (Chinese dan English). Untuk Global ROM sendiri belum ada informasi mengenai perilisannya tetapi saya yakin bahwa akan segera dirilis oleh Xiaomi.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment